Selain terdapat banyak tempat wisata alam hingga wisata budaya, kota Jogja juga memiliki aneka ragam kuliner yang menggoda. Selain gudeg yang menjadi primadona, masih ada makanan khas yang harus diburu dan anda coba sendiri. Disamping memiliki beberapa menunya yang menggugah, rupanya kota Jogja belum puas memanjakan pengunjungnya. Terbukti dengan adanya rumah makan di Jogja yang menyajikan panganan enak dan tempat yang mempesona. Yuk simak ulasannya berikut.

1. Mbah Buyut

 

Alamat : Jl. Suryodiningratan No.3, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141

 

Jogja memang memiliki banyak sekali restoran atau rumah makan yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu restoran tersebut adalah Mbah Buyut yang terletak di Jl. Suryodiningratan No.3, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Restoran ini juga menawarkan konsep rumah makan bernuansa tradisional. Selain bangunannya yang cukup luas untuk mnampung banyak orang, di halaman depannya juga terdapat tempat parkir yang cukup luas, jadi kamu tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan tempat parkir.

Varian Menu yang Manjakan Lidah dan Perut

 

Selain tempatnya yang nyaman, varian menu rumahan yang disajikan oleh restoran Mbah Buyut juga cukup menggiurkan dan bervariasi. Salah satu menu spesial di Mbah Buyut adalah IKAN ASAP, Pengawetan ikan dengan cara diasap ini akan memberikan rasa unik nan lezat dalam masakan. Apalagi bila dimasak dengan bumbu pedas bersantan yang semakin akan menonjolkan citarasanya. Selain itu disini juga terdapat aneka menu masakan seperti :

 

Aneka Masakan Ayam

 

  •         Ayam Goreng
  •         Ayam Bakar
  •         Ayam Hintalu
  •         Ayam Kampung Kremes

 

Aneka Masakan Ikan

 

  •         Lele Bakar
  •         Lele Goreng
  •         Nila Bakar
  •         Nila Goreng
  •         Gurame Goreng
  •         Mangut Ikan Patin
  •         Mangut Ikan Asap
  •         Ikan Asap

 

Aneka Gorengan

 

  •         Tempe dan Tahu Goreng
  •         Bakwan Goreng
  •         Tahu Isi
  •         Mendoan
  •         Bakwan Jagung

 

Seperti kuliner ala rumahan, sambal di rumah makan ini juga lezat dan pedasnya pas banget. Dijamin, cocok sekali dinikmati bersama keluarga dan orang tercinta.

2. The Manglung Café

 

Lokasi: Jl. Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul. – Image Credit by Qupas.id

 

Berada di Gunung Kidul membuat rumah makan satu ini memberikan pemandangan yang memanjakan mata anda. Pemandangan kota Jogja tersaji luas di depan mata lengkap dengan makanan yang juga sedap. Berkonsep outdoor anda bisa menikmati makanan nusantara hingga western. The Manglung terletak di Jl. Ngoro Ngoro Ombo No. 16 Patuk. Ketika sedang di Gunung Kidul tempat ini sangat rekomended untuk mengisi perut.

 

Baca juga : Mbah Buyut, Restoran Tradisional yang Kekinian di Jogja

 

 

3. Sate Klathak Pak Bari

 

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5,  Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. – Image Credit by Traveloskyholiday.com

 

Setelah sempat masuk dalam sebuah adegan di film Ada Apa Dengan Cinta, sate klathak Pak Bari semakin terkenal. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klathak Pak Bari ditusuk mengunakan ruji besi. Sate klathak sendiri berbahan daging kambing yang masih muda. Untuk menikmati kelezatannya anda bisa menngunjungi Pasar Jejeran yang ada di Jl. Imogiri Timur, Wonokromo Bantul. Sementara harganya dijual mulai Rp. 20 ribu satu porsinya.

 

4. Angkringan KR

 

Lokasi: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Santapjogja.com

 

Angkringan menjadi salah satu rumah makan khas dari Jogja yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Meskipun anda bisa menemui angkringan di mana saja, namun menikmati di Jogja jelas akan berbeda. Angkringan KR selain menyediakan banyak menu, harga terjangkau dan tempatnya juga nyaman. Angkringan ini ada dI Jl. P. Mangkobumi, Gowongan. Tempat ini tentunya sangat cocok untuk kulineran sekalian nongkrong bersama teman atau kerabat.

5. Ayam Geprek Bu Rum

 

 

Lokasi: Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Tribunnews.com

 

Makanan yang sedang naik daun ini, merupakan makanan khas Jogja. Ayam geprek yang lezat ini bisa anda nikmati di salah satu warung yang memang telah terkenal. Ayam Geprek Bu Rum berada di Jl. Wulung Lor, Papringan, Depok Jogja. Harga yang ditawarkan juga harga mahasiswa yakni mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 15ribuan saja. Hanya saja jika anda ingin rasa yang lebih pedas dan melewati level yang ditentukan maka anda harus membayar lebih Rp. 5 ribu.

 

6. Nasi Goreng Kambing Kridosono

 

 

Lokasi: Jl. Juadi, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Makanjogja.com

 

Ingin menikmati nasi goreng yang berbeda dan suka daging kambing? Anda bisa langsung menuju nasi goreng kambing Kridosono yang lezat. Meskipun warungnya hanya warung tenda pinggir jalan, namun dari segi rasa bisa dikatakan kualitas bintang 5. Rasanya yang tidak amis akan sangat cocok untuk lidah penggemar nasi goreng. Lokasi nasi goreng ini ada di Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, tepatnya dekat stadion Kridosono.

 

7. House of Raminten

 

Alamat : Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Kompasiana.com

 

Tempat satu ini sangat kental dengan budaya Jawanya, bahkan ketika anda melihat dari bangunannya saja. Suara gamelan musik Jawa dengan para pekerja yang juga memakai baju khas Jawa akan membuat rasanya anda benar benar di Jogja. Dalam satu tempat anda sudah bisa menikmati aneka kuliner khas Jogja. Restoran ini berada di Jl. FM Noto No 7 Kotabaru, dan House Of Raminten ini ada 2 tempat jadi jangan salah membedakan.

 

Karena salah satu House of Raminten hanya menyediakan ayam geprek. Meskipun berada di jalan yang berbeda, tapi masih ada saja yang susah membedakan karena nama tempatnya sama. Sementara untuk House of Raminten yang satunya menyediakan banyak menu khas Jogja. Meskipun antriannya memang terbilang lebih panjang jika di House Of Raminten yang di Kotabaru.

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda