Biasanya saat memasak akan ada cipratan minyak atau kuah yang menempel di bagian kompor. Jika noda tersebut dibiarkan menempel di kompor, maka akan memicu munculnya jamur dan bakteri di kompor, sehingga kompor mudah berkarat dan rusak.

Kompor memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan untuk memasak setiap harinya. Jenis kompor yang paling sering digunakan adalah kompor gas. Kompor gas memiliki beberapa bagian utama yang harus rutin dibersihkan.

Karena kompor gas ini mengeluarkan, sehingga harus dibersihkan dengan cara yang benar dan aman, agar kualitas api tetap terjaga. Berikut cara membersihkan kompor gas, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Kompor Gas

Kompor terdiri dari kompor gas, kompor listrik dan kompor induksi. Kompor gas memang jenis kompor yang harganya paling terjangkau. Kompor gas ini juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan menurut fungsinya. Berikut jenis-jenis kompor gas:

  1. Kompor Gas Tanam

Kompor gas tanam adalah kompor yang ditanam di kitchen set, sehingga kompor gas ini tidak bisa dipindahkan. Kompor gas ini bisa memberikan kesan minimalis untuk dapur rumahmu.

  1. Kompor Gas Freestanding Multifungsi

Jenis yang kedua adalah kompor gas freestanding multifungsi. Kompor gas ini memiliki 4 sampai 6 tungku dan ada mesin pemanggang di bawahnya. Kompor ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang sangat hobi memasak kue.

  1. Kompor Gas Portable

Jenis kompor gas portable adalah kompor yang sering digunakan untuk travelling, karena bentuknya kecil dan menggunakan gas kecil, yang bisa dibawa kemana saja. Karena bentuknya yang kecil, kompor ini tidak disarankan untuk memasak masakan dalam porsi besar.

  1. Kompor Gas Komersil

Kompor gas komersil adalah kompor dengan bentuk yang terbuat dari kerangka saja. Kerangkanya terbuat dari besi cor yang bisa membuat bara api sangat besar. Kompor ini tidak boleh digunakan di rumah, karena memiliki api yang sangat besar. Kompor ini biasanya digunakan di restoran.

  1. Kompor Gas Dua Tungku

Kompor gas dua tungku sering digunakan untuk perlengkapan rumah tangga. Kompor ini sangat praktis dan aman digunakan di rumah. Harganya pun sanat terjangkau daripada jenis kompor gas yang lainnya.

Cara Memilih Kompor Gas

Kompor gas adalah salah satu jenis kompor yang sering digunakan di rumah. Kompor gas memiliki beberapa bagian seperti tungku dan ring kompor. Memilih kompor gas tidak boleh sembarangan, kamu harus memperhatikan kualitas dari kompor tersebut, agar aman saat digunakan di rumah.

  1. Ukur Luas Dapur

Sebelum membeli kompor gas, ukurlah luas dapur dan sesuaikan dnegan kebutuhan. Kompor gas yang sering ada di rumah adalah kompor gas 2 tungku. Tetapi kalau kamu jarang memasak, belilah kompor gas 1 tungku yang harganya lebih terjangkau.

  1. Perhatikan Pematik Api

Saat membeli, perhatikan pematik kompor gas. Karena ada pematik kompor yang bisa digunakan secara manual dan otomatis. Kompor gas yang dinyalakan secara manual, membutuhkan korek untuk menyalakan apinya.

  1. Berbahan Stainless Steel

Pilihlah kompor gas yang berbahan stainless steel, karena bahannya ringan, tidak mudah berkarat dan kualitasnya terjamin.

  1. Ring Kompor Berbahan Kuningan

Agar keluarnya api bisa rata dan membuat makanan cepat matang, kamu bisa menggunakan burner atau ring kompor dari bahan kuningan. Bahan ini bisa menyebarkan panas secara merata dan aman di gunakan di dalam rumah.

  1. Pilih Merek yang Berkualitas

Tentu saja saat memilih kompor gas, harus memperhatikan dan membandingkan antara merek yang satu dengan lainnya, agar tidak terkecoh dengan harga yang mahal tetapi kualitasnya kurang bagus saat digunakan.

Cara Membersihkan Kompor

  1. Rendam Ring Kompor Gas

Langkah pertama membersihkan kompor gas adalah memisahkan ring dari tungkunya. Kemudian rendam ring selama 2 hingga 4 jam, di dalam sabun cuci dan satu sendok asam sitrat yang dilarutkan dalam air panas. Setelah itu sikat ring sampai bersih, bilas dan keringkan.

  1. Bersihkan Tungku Kompor

Tungku kompor gas tidak boleh dibersihkan dengan air dan sabun, karena bisa membuat tungku menjadi lembap, menyebabkan jamur dan kualitas api menjadi kurang bagus. Kamu bisa menyeka tungku dengan kain yang sudah diberi krim khusus untuk membersihkan kompor, lalu gosok bagian yang ada nodanya dengan sikat.

  1. Cek Selang Regulator Gas

Selain membersihkan secara rutin, kamu harus cek selang regulator gas secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi kebocoran gas dan pemasangan selang yang tidak pas. Selang gas juga harus rutin dibersihkan dengan kain yang sudah dibasahi air dan sabun, lalu lap lagi dengan kain yang kering.

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda