Banyak orang bilang Jogja merupakan surganya kuliner dan julukan ini memang pas. Jika kamu kebetulan berencana menghabiskan liburan di kota ini, cobalah cari informasi tentang kuliner khas Jogja. Kamu akan menemukan sate klatak di antara beragam kuliner unik yang dijual di kota Jogja. Jenis sate satu ini memang terbilang unik. Satu porsi sate kambing muda dibakar menggunakan jeruji sepeda, dan dibumbui dengan cara sederhana. Biasanya hanya dibumbui dengan garam. Terkadang Kamu mendapatkan tambahan berupa kuah bening.

Sebagai makanan unik, sate klatak tentu punya sejarahnya sendiri. Penasaran gimana sejarahnya?

Asal mula sate klatak

Sate klatak adalah sate kambing yang asal-usulnya dari kata ‘klatak’. Jadi garam yang ditaburkan ke daging kambing muda akan berbunyi ‘klatak-klatak-klatak’ ketika dibakar. Coba sesekali amati proses pembakaran sate klatak, bunyi semacam itu bakal mudah Kamu dengar.

Keunikan sate klatak

Sate klatak dikatakan unik karena dibuat dari daging kambing muda. Selain itu, bumbunya pun sederhana. Tidak ada bumbu kacang atau kecap, melainkan hanya dibumbui garam. Tusuk satenya pun bukan tusuk sate yang biasanya kita temukan di berbagai penjual sate yang digunakan adalah jeruji sepeda. Jenis tusuk sate ini dipilih karena dipercaya bisa menghantarkan panas lebih baik dibanding tusuk bambu biasa.

Penyajian Sate Klatak

Satu porsi sate klatak biasanya hanya berisi dua sampai tiga tusuk sate. Porsi ini sebetulnya bukan porsi yang sedikit, karena potongan daging kambing pada sate klatak memiliki ukuran yang cukup besar dan tebal. Penggunaan daging kambing muda sebagai bahan utamanya, menjadikan sate klatak memiliki tekstur yang empuk ketika digigit. Satu porsi sate klatak biasanya disajikan bersama dengan kuah kare yang mirip dengan kuah gulai. Bagi yang suka pedas, bisa meminta irisan cabai rawit untuk dicampurkan ke dalam kuah kare.

Penggunaan kuah kare sebagai menu pendamping sate klatak sudah dimulai sejak pertama kali sate klatak dibuat oleh Jupaini. Jupaini memadukan beragam bumbu dalam kuah kare yang disajikan dengan sate klatak yang hanya menggunakan bumbu sederhana berupa garam. Cara penyajian ini bertahan sampai dengan sekarang dan menjadi keunikan tersendiri dari cara penyajian sate klatak. Sate kambing pada umumnya disajikan menggunakan bumbu kecap.

Rekomendasi sate klatak di Yogyakarta

Mbah Buyut

Rumah makan Mbah Buyut terletak di Jalan Suryodiningratan No. 3, Mantrijeron, Yogyakarta (selatan Plengkung Gading)

Mbah Buyut buka dari jam 05.30 – 24.00. namun untuk hidangan sate klatak baru tersedia pukul 11.00 – 19.00 Wib. Sate Klathak merupakan hidangan wajib yang harus di coba kalo kamu lagi di Jogja. Paduan empuknya daging kambing dan kuah gulainya cocok dinikmati saat makan siang atau malam hari ini. Asli! Sate klathak khas Rumah Makan Mbah Buyut ini bikin nagih. Nyesel kalo kamu gak coba langsung. Selain menu sate klatak terdapat juga menu lainnya seperti menu makanan rumahan, soto sampai bakmi jawa.

Sate Klatak Pak Jeje

Dari Selatan Jogja kita ke Utara, sebab di sana ada Sate Klatak Pak Jeje. Warung satu ini bisa ditemukan di alamat Jl. Magelang No.Km. 6.5, Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain sate klatak, warung sate Pak Jeje menjual sate lain seperti sate bumbu, gule daging, dan sate goreng.

Sate Klatak Pak Jede

Kalau malas pergi ke Bantul karena Kamu kebetulan menginap di tengah kota, Kamu bisa menyambangi warung Sate Jede yang beralamat di Jl. Nologaten No.46, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tongsengnya enak, dan satenya empuk dengan bumbu yang sangat terasa di lidah.

Sate Klatak Pak Pong

Ini dia warung sate klatak legendaris di Yogyakarta. Kamu bisa menyambanginya di alamat Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warung Pak Pong selalu ramai, apalagi ketika akhir pekan tiba. Oh ya, saking ramainya, Kamu mesti sabar banget menunggu sampai pesanan tiba di atas meja.

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda