Ketika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan atau pertemuan dengan rekan kerja yang harus dihadiri, terkadang membuat kamu lupa untuk makan. Padahal, mengkonsumsi makanan tepat waktu dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan lebih optimal. Dengan begitu, kualitas pekerjaan juga dirasakan lebih baik. Namun, tidak hanya waktu makan yang dilakukan dengan tepat. Sebaiknya, perhatikan pula asupan nutrisi dan gizi yang kamu konsumsi setiap harinya.

Jika kamu memiliki kegiatan yang sangat padat, penuhilah kebutuhan gizi dan nutrisi dari berbagai jenis makanan sehat. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, kebiasaan makan sehat juga dapat membuat kesehatan mental kamu terjaga dengan baik. Lalu, bagaimana aturan makan sehat yang perlu dilakukan oleh orang yang super sibuk? Simak ulasannya di bawah ini!

 

Inilah Tips Makan Sehat bagi Orang Sibuk

Sebaiknya hindari menjadikan kesibukan pekerjaan sebuah alasan untuk menunda makan atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Padahal, mengkonsumsi makanan sehat menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kamu yang super sibuk. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari mengkonsumsi makanan sehat. Mulai dari meningkatkan kualitas kerja, terhindar dari berbagai gangguan penyakit, hingga menjaga suasana hati menjadi lebih baik.

Nah, untuk memulai kebiasaan makan sehat, tidak ada salahnya simak tips berikut ini!

 

1. Jangan Lewatkan Waktu Sarapan

Terkadang jadwal pertemuan membuat kamu harus terburu-buru pada pagi hari. Namun, kondisi ini sebaiknya jangan membuat kamu melewatkan waktu sarapan. Sarapan menjadi salah satu jam makan yang sangat penting karena dapat memenuhi kebutuhan energi untuk beraktivitas.

Pilihlah menu sarapan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti oatmeals, buah, atau sayuran sebagai menu sarapan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, sumber protein, dan juga lemak baik. Sebaiknya, hindari makanan yang memiliki tambahan gula sebagai pemanis.

 

2. Hindari Mengkonsumsi Kopi Terlalu Banyak

Saat kamu dalam keadaan sibuk, sebaiknya hindari mengkonsumsi terlalu banyak kopi. Kopi memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan pembentukan urine lebih cepat. Hal ini membuat kamu akan lebih sering mengalami buang air. Dengan begitu, kamu dapat berisiko mengalami dehidrasi. Kamu bisa mengganti minuman kopi dengan teh herbal, seperti teh ginseng yang dapat meningkatkan energi atau teh hijau yang membantu kamu tingkatkan konsentrasi.

 

3. Penuhi Kebutuhan Air Setiap Hari

Umumnya, orang yang memiliki jadwal sibuk akan sering lupa untuk mengkonsumsi air putih. Padahal, memenuhi kebutuhan air putih dapat membuat kamu terhidrasi sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Bahkan, ketika kamu mengalami dehidrasi, maka fungsi otak akan menurun. Hal ini akan memengaruhi kualitas pekerjaan yang kamu lakukan.

 

4. Selalu Siapkan Camilan Sehat

Jangan lupa untuk selalu membawa camilan sehat. Kamu bisa mengkonsumsi buah, sayuran rebus, atau kacang-kacangan sebagai makanan ringan di kantor. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari mengkonsumsi makanan yang kurang sehat selama di kantor. Mengkonsumsi buah dan sayuran juga dapat membantu tubuh untuk memenuhi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan.

 

5. Hindari Makanan Siap Saji

Meskipun sibuk, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan cepat saji. Pilihlah makanan yang diproses dengan sehat. Selain itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi diolah menggunakan sumber yang bernutrisi tinggi. Itulah beberapa tips makan sehat yang bisa dilakukan bagi kamu dengan jadwal pekerjaan yang sangat sibuk.

Jika kamu sedang ada di Jogja, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Rumah makan Mbah Buyut, Rumah makan ini menawarkan berbagai menu masakan khas rumahan yang enak dan menyehatkan. Mbah Buyut terletak di Jalan Suryodiningratan 3 Yogyakarta (selatan plengkung gading).

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda