Menyimpan sayuran dengan cara yang benar akan membuat sayuran tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Beberapa sayuran perlu disimpan di kulkas untuk mencegah sayuran menjadi layu dan menjaga dan kualitas sayuran. Berikut ini 9 cara menyimpan sayuran di kulkas yang benar agar tidak mudah layu.

 

Ini cara menyimpan sayuran di kulkas yang benar

 

  1. Pilih Sayuran yang Berkualitas

Kamu harus memilih jenis produk sayuran yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan, kamu bisa saja mencoba segala upaya untuk mencegah sayuran layu saat disimpan, tetapi jika produk sayuran yang kamu simpan memang tidak berkualitas tetap saja sayur akan layu dan mungkin saja busuk.

 

  1. Pastikan Suhu Kulkas Tepat

Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Suhu ideal di dalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

 

  1. Jaga Kelembaban Kulkas

Saat menyimpan sayuran, kamu harus menjaga kulkas memiliki kelembabanan tinggi. Kamu dapat menjaga kelembaban kulkas dengan tidak terlalu sering buka-tutup kulkas dan memberishkan bantalan karet kulkas secara rutin.

 

Baca juga :

 

  1. Pisahkan Sayuran dan Buah

Jika kamu pernah mendengar bahwa mematangkan alpukat bisa dengan menyimpannya di dalam tas berisi apel, itu benar. Alasannya adalah bahwa apel dan pir, serta banyak buah lainnya, menghasilkan gas yang disebut etilena, yang mempercepat proses pematangan buah dan sayuran lain yang kebetulan ada di dekatnya.

Namun, dengan sayuran, pematangan berarti pembusukan: bercak, layu, menguning, dan umumnya mogok. Itu berarti pastikan bahwa kamu menyimpan sayuran jauh dari buah-buahan. Letakkan sayuran buah-buahan di laci kulkas yang terpisah.

 

  1. Jangan Pra-cuci

Hindari pra-pencucian produk sayuran, karena kelembaban akan mempercepat proses pembusukannya. Hanya dua sayuran yang merupakan pengecualian dari aturan ini yaitu daun bawang dan asparagus. Kedua hal ini dapat disimpan terendam dalam air, berdiri tegak (tetapi hanya air setinggi 2-3cm).

 

  1. Bungkus sayuran hijau

Sayuran hijau harus dikonsumsi dalam 1-2 hari setelah pembelian untuk memastikan kesegaran sayuran dan kamu bisa mendapatkan semua nutrisi sayuran. Namun, jika kamu akan menyimpan sayuran ini, cara terbaik adalah dengan membungkus daun yang handuk kertas sehingga handuk dapat menyerap kelebihan air.

Sayuran hijau dapat mempertahankan kelembaban yang berlebih, sehingga mereka akan membusuk dengan cepat. Setelah dibungkus dengan handuk kertas, masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di kulkas, kamu perlu menyimpan varietas yang berbeda di dalam kantong terpisah. Kamu dapat melakukannya dengan daun selada, bok choy, chard Swiss, kangkung, dan bayam.

 

  1. Singkirkan Batang Sayuran

Dedaunan yang tersisa di sayuran dan berada di antara sayuran lainnya dapat terus mengeluarkan uap air, ini merupakan hal buruk jika kamu ingin menyimpan untuk waktu yang lama karena membuat sayuran menjadi mudah busuk. Kamu harus memotong tangkai pada sayuran seperti tangkai wortel dan bit sebelum disimpan.

 

  1. Perhatikan Lama Penyimpanan

Menyimpan sayuran di kulkas juga membutuhkan perhatian lebih akan waktu. Seberapa lama sayur berada di dalam kulkas. Beberapa sayur hanya dapat disimpan antara 3-5 hari, semakin lama di kulkas akan mempengaruhi kualitas sayur bahkan berakhir busuk. Jika dibiarkan, akan mempengaruhi sayuran lain yang masih dapat disimpan lama di kulkas. Caranya mudah, pada wadah penyimpanan catat berapa waktu maksimal sayur harus disimpan, agar setiap membuka kulkas, mudah teringat untuk mengecek kembali kondisi sayur.

 

  1. Jaga Kebersihan Kulkas

Menyimpan makanan baik sayuran ataupun buah baik di tempat yang bersih, begitupula dengan kulkas tempat menyimpannya. Memastikan tidak ada makanan basi atau berbau tidak sedap di kulkas memastikan bahwa kualitas dan kesegaran sayuran juga terjaga karena tidak terpengaruh oleh makanan basi tersebut.

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda