Panci adalah salah satu alat dapur yang sering digunakan untuk memasak. Panci memiliki berbagai macam jenis yang fungsinya berbeda-beda, serta terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Panci yang sering digunakan untuk memasak adalah panci berbahan logam, dengan lapisan panci yang anti lengket, karena bisa menjadi penghantar panas yang baik, dan membuat masakan menjadi matang dengan sempurna.

Terlalu sering digunakan untuk memasak, bisa membuat lapisan panci menjadi rusak dan gosong. Apalagi jika terdapat noda membandel yang menempel di panci, harus segera dibersihkan dengan hati-hati. Agar noda membandel yang menempel di panci cepat hilang, berikut cara menghilangkan noda membandel di panci, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memilih Panci yang Bagus

Agar makanan terasa enak dan tidak gosong, kamu harus menggunakan panci yang kualitasnya bagus, tidak lengket dan menghantarkan panas dengan baik. Cara memilih panci yang berkualitas yang pertama, yaitu memilih panci yang berbahan logam, seperti tembaga, besi dan stainless steel. Panci yang terbuat dari bahan logam ini, bisa menjadi penghantar panas yang baik.

Cara yang selanjutnya adalah membeli panci berdasarkan brand. Sebelum membeli panci, pastikan untuk melihat ulasan tentang brand dari panci tersebut. Kamu bisa membandingkan dengan beberapa merek panci yang terkenal, untuk mengetahui kualitas dari brand tersebut. Cara yang terakhir adalah memilih panci yang bahannya mudah dibersihkan. Selain panci yang terbuat dari logam, kamu bisa menggunakan panci berbahan keramik, karena panci ini mudah dibersihkan dan anti lengket.

Cara Menyimpan Panci yang Benar

Setelah membeli panci, sebaiknya menyimpan panci dengan cara yang benar, yang disesuaikan dengan jenis atau bahan panci tersebut, agar kualitas panci tetap terjaga dan tidak udah rusak.

Stainless Steel

Panci yang terbuat dari bahan stainless steel. Walaupun bahannya mudah menghantarkan panas, tetapi bahan ini mudah tergores dan kusam. Cara menyimpan panci yang terbuat dari stainless steel, yaitu langsung keringkan panci setelah dicuci dan simpan di tempat yang kering dan tidak lembap.

Aluminium

Cara menyimpan panci aluminium agar tidak mudah berkarat, yaitu cuci panci dengan air panas dan keringkan. Kemudian simpan panci di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Keramik

Di zaman sekarang banyak panci yang terbuat dari keramik. Agar kualitasnya tetap terjaga, siram panci dengan air panas setelah digunakan, kemudian cuci hingga bersih setelah panci dingin. Simpan panci di ruangan yang tidak lembap, kemudian beri jeda dengan alat masak lainnya dan lindungi keramik dengan karton, agar tidak mudah pecah saat bersentuhan dengan alat masak lainnya.

Cara Menghilangkan Noda Membandel di Panci

  1. Tuang Air Panas

Cara menghilangkan noda yang pertama, yaitu tuangkan air panas setelah menggunakan panci, setelah itu oleskan sabun cuci dan gosok pelan-pelan noda tersebut. Gunakan alat berbahan kayu seperti sendok kayu, untuk menghilangkan nodanya. Cara ini bisa digunakan untuk membersihkan panci stainless.

  1. Gunakan Cuka

Cara yang kedua adalah menggunakan cuka. Setelah kamu mengaliri panci dengan air panas, tambahkan semangkuk air cuka untuk menghilangkan noda membandel. Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan spatula kayu hingga noda terangkat. Jangan lakukan cara ini untuk membersihkan noda di panci anti lengket.

  1. Rendam Panci di Sabun

Sebelum membasahi panci dengan air, kamu bisa mengoleskan sabun cuci piring ke noda yang menempel di panci. Setelah itu rendam panci di air mendidih selama beberapa jam atau semalaman, kemudian buang air dan alirkan air hangat ke panci untuk mengangkat noda membandel.

  1. Gunakan Baking Soda

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan baking soda, yang bisa membantu mengangkat noda membandel pada panci. Campurkan baking soda dengan air hangat, lalu sikat bagian noda dan bisa dengan air hangat.

  1. Minuman Bersoda

Cara menghilangkan noda yang membandel terakhir, yaitu dengan menggunakan minuman bersoda untuk panci aluminium. Tuankan minuman bersoda, kemudian panaskan panci dengan api kecil, lalu gosok panci dengan spatula kayu. Bilas dengan air hangat.

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda