Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak orang menyukainya. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun tetap banyak orang yang rela meregoh kocek untuk menikmati Ikan tuna. Jika kamu ingin memasak ikan tuna, pada saat memilihnya tentu tidak mudah. Memilih ikan tuna cenderung tricky, terutama untuk kamu yang masih awam dengan ciri-ciri ikan tuna. Pasalnya, jika salah beli kamu bisa dapat ikan tuna yang sudah tidak segar dan kurang enak dimasak. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, supaya tidak salah pilih, begini 5 cara memilih ikan tuna yang segar dan berkualitas.

 

Ini cara memilih ikan tuna yang segar dan berkualitas

 

  1. Pertimbangkan tempat ikan tuna dijual

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ikan tuna tentu adalah tempat dimana ikan tersebut dijual atau diletakkan. Pastikan tempat kamu membeli ikan tuna bersih dan tidak berbau menyengat. Kemudian, sebaiknya pilih ikan tuna yang juga diletakkan di tempat yang bersih dan bersuhu dingin. Hindari membeli ikan tuna yang sudah dihinggapi lalat atau diletakkan di tempat yang kotor.

  1. Perhatikan warna ikan tuna sebelum membeli

Selanjutnya, cara memilih ikan tuna yang segar yaitu bisa kamu lihat dari warnanya. Perhatikan dulu warna daging ikan sebelum membeli. Ikan tuna yang memiliki kualitas baik adalah yang daging yang masih berwarna kemerahan dan tampak segar. Cara ini bisa dibilang adalah cara paling mudah untuk melihat kualitas ikan tuna. Sebaiknya jangan pilih ikan yang warnanya sudah terlihat pucat atau kotor.

  1. Pegang tekstur kulit ikan tuna

Setelah melihat warnanya, kamu juga harus memastikan kualitas ikan tuna dengan cara memegang kulit tuna tersebut. Cara ini berguna untuk mengetahui kualitas dan tekstur ikan tuna. Pilih ikan tuna yang memiliki tekstur kenyal. Coba tekan beberapa bagian dari kulit ikan tuna yang akan kamu beli, ikan tuna segar memiliki kulit yang lembap dan terasanya kenyal saat ditekan. Pasalnya, ikan tuna yang sudah tidak segar biasanya memiliki kulit yang terasa kering dan dagingnya terasa lembek ketika ditekan.

  1. Cium aroma yang keluar dari ikan

Jika sudah mengetaui warna dan tekstur ikan tuna, rangkaian cara memilih ikan tuna yang segar dan baik untuk dikonsumsi pun tidak berhenti di situ. Kamu harus mencium aroma yang keluar dari ikan untuk memastikan kualitasnya. Ikan tuna yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma yang segar laut. Sedangkan daging yang sudah mulai membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium seperti bau busuk dan anyir.

  1. Hindari membeli ikan tuna potongan

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya menghindari membeli ikan tuna yang berbentuk potongan. Daging ikan tuna potong memang terkadang cenderung ekonomis karena kamu bisa membelinya sesuai kebutuhan saja. Namun, kamu harus berhati-hari karena terkadang ada pedagang yang menambahkan bahan kimia sehingga potongan ikan tuna tetap terlihat segar meskipun sudah dipotong dalam waktu lama.

Oleh karena itu, disarankan kamu untuk membeli ikan tuna utuh agar kamu bisa memastikan kualitas ikan tuna dengan tepat. Ikan tuna utuh yang kamu beli pun nantinya bisa disimpan kembali apabila tidak habis dalam sekali masak.

Semoga tips diatas dapat membantu, jika kamu sedang berada di Jogja jangan lupa untuk mengunjungi Rumah makan Mbah buyut yang berada di jalan Jl. Suryodiningratan No.3, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141. Rumah makan ini menyediakan berbagai menu khas jawa. Menarik bukan ? yuk kunjungi sekarang !!!

×

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Klik kontak di bawah ini atau kirim kan email [email protected]

× Bagaimana kami dapat membantu anda